Kamis, 18 Agustus 2011

Jawab Tugas KY 1 - Resume Pra OKK 16-17 Agustus 2011

Tanggal 16 Aguatus 2011 :

~ sidang pleno 
    Kami dibagi dalam beberapa komisi, yaitu komisi pendidikan, komisi pembangunan, komisi ekonomi, komisi kesehatan, dan komisi sosial budaya. Team Mercury 1.1 yang di bimbing oleh Kolega Senior nya bersemangat untuk menjalankan simulasi sidang pleno tersebut.
adapun hal-hal yang bisa saya ambil dalam permainan tersebut adalah:



 
  1. Menggugah minat saya untuk aktif dalam bersosialisasi
  2. Menciptakan suasana akraab dan saling tukar pendapat
  3. Membuat saya berani untuk menyampaikan argumen saya 
  4. Menjadi pengalaman pertama saya dalam menjalankan sidang pleno.

~ literasi perpustakaan
setelah itu saya di beri wawasan tentang digital library. saya mendapat pengetahuan baru tentang apa dan bagaimana saya harus perbuat untuk dapat menjadi anggota Perpustakaan di Stikom Surabaya  



Tanggal 17 Agustus 2011 :

~ Amanat pembina upacara
pembina upacara dalam amanatnya yang merupakan sambutan dari Gubernur Jawa Timur. dalam amanat beliau, bahwa kita harus memajukan bangsa dan negara. misalnya, jawa timur semakin lama semakin berkembang, nilai ekspor beras terus meningkat dan semakin meningkat pula kesejahteraan dan Jawa Timur semakin aman untuk di tinggali.

~ Makna dari setiap lomba
Setelah menjalankan upacara, acara selanjutnya adalah lomba-lomba untuk mahasiswa baru yang termasuk dalam Orientasi Kehidupan & Kampus. adapun lombanya sebagai berikut:
  • Lomba Membuat Mumi
 dalam lomba tersebut, saya mendapat suatu pembelajaran baru. bahjwa sesungguhnya menggabungkan ide-ide dari beberapa kepala yang kreatif dapat memunculkan suatu hal yang kreatif. lomba ini juga mengeratkan hubungan antar team dan juga kekompakkannya :)
  • Lomba Koran Berantai
dalam lomba tersebut, saya di tantang untuk memecahkan suatu permasalahan. bagaimanapun caranya, tantangan itu harus berhasil, atau saya kalah sama sekali.
  • Lomba sambung Tali
dalam lomba tersebut terasa sekali kekompakan yang terjalin dalam satu regu. bila satu regu mengalami kesulitan, maka semua regu akan menyelesaikannya secara bersama. 


~ Pengarahan tentang internet dan Microsoft Office
 dalam sesi ini, saya di review kembali dengan microsoft office. dimana microsoft office adalah landasan/pokok utama yang harus di kuasai oleh saya yang selaku mahasiswa di prodi komputerisasi perkantoran dan kesekretariatan.
serta dalam pengarahan komputer, saya adi beri banyak wawasan yang saya tidak ketahui sebelumnya. ssaya juga mengetahui tentang bagaimana jaringan internet di STIKOM Surabaya meskipun belum menyeluruh.


Artikel tentang Prodi Jurusan:
1. Sumber:  http://ghitanatalia.blogspot.com/2010_10_01_archive.html

OTOMATISASI PERKANTORAN


• Otomatisasi dimulai di pabrik dan menyebar ke kantor dalam bentuk otomatisasi kantor (office automation), atau OA.
• Awalnya OA dimasudkan untuk membantu pekerja sekretarial dan administratif, kemudian meningkat pada tingkat manajer dan profesional sebagai pemakai untuk meningkatkan produktifitas mereka.
• Sedikitnya ada 11 penerapan OA, ada yang menggunakan komputer ada pula yang tidak. Penerapan OA dipengaruhi oleh :
o jenis organisasi, pilihan pribadi manajer, dan sumberdaya OA yang tersedia.


MANFAAT
Automatisasi Perkantoran merupakan kaitan berbagai komponen dalam menangani informasi; mulai dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan campur tangan manusia secara minimal. Dengan demikian akan membuat informasi menjadi lebih mudah dan murah digunakan, dipindahkan, dan dirawat. Pada akhirnya dapat meletakkan landasan yang kuat untuk integrasi informasi sehingga perusahaan mampu berkompetisi lebih baik (competitive advantage)
Dengan mempelajari matakuliah ini, mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam matakuliah Pengantar PDE, Sistem Informasi Manajemen dan Jaringan Komputer.

2. Sumber: http://diskusikuliah.wordpress.com/2010/11/08/office-automation/
Office Automation adalah suatu aplikasi perkantoran dan perusahaan yang biasanya dalam satu aplikasi terdapat beberapa sistem.Sistem tersebut bisa bermacam – macam tergantung kebutuhan dari permintaan perusahaan.Contohnya dalam project KP yang saya dapatkan Office automation berisi 3 sistem yaitu :


  1. Finance ( Keuangan )
  2. Procurement
  3. Logistik
Adapun sistem yang ditambahkan dengan data – data pegawai , gaji pegawai bahkan sistem untuk menghitung keluar/masuk dan kekayaan perusahaan.
Pada beberapa perusahaan ada yang sudah menerapkan aplikasi ini yang di dapatkan dari membeli apliksainya ke perusahaan penyedia software Office Automation ,contohnya Zahir Data Accounting .Adapun perusahaan yang membuat sendiri software tersebut dikarenakan kebutuhan yang sangat berbeda dengan perusahaannya .
Office automation merupakan aplikasi yang bisa dibilang cukup sempurna tetapi ada beberapa kekurangan yang harus diterima oleh perusahaan dan user pemakai.
Beberapa keuntungan aplikasi office automation :
  1. Dapat meningkatkan kinerja perusahaan karena tidak dilakukan dengan manual.
  2. Kinerja/performansi Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam alur kerja yang terkait dapat dimonitor serta waktu yang dibutuhkan dalam memproses suatu perkerjaan menjadi lebih cepat.
  3. Aplikasi Office Automation dapat mengurangi biaya penggunaan kertas (paperless) dan beberapa alat-alat kantor lainnya yang berhubungan dengan proses manual.
  4. SDM dapat lebih fokus pada proses bisnis, bukan pada bagaimana mengarsipkan dokumentasi.
3. Sumber: http://www.enotes.com/small-business-encyclopedia/office-automation


Office automation refers to the varied computer machinery and software used to digitally create, collect, store, manipulate, and relay office information needed for accomplishing basic tasks and goals. Raw data storage, electronic transfer, and the management of electronic business information comprise the basic activities of an office automation system.
The history of modern office automation began with the typewriter and the copy machine, which mechanized previously manual tasks. Today, however, office automation is increasingly understood as a term that refers not just to the mechanization of tasks but to the conversion of information to electronic form as well. The advent of the personal computer revolutionized office automation, and today, popular operating systems and user interfaces dominate office computer systems. This revolution has been so complete, and has infiltrated so many areas of business, that almost all businesses use at least one commercial computer business application in the course of daily activity. Even the smallest companies commonly utilize computer technology to maintain financial records, inventory information, payroll records, and other pertinent business information. "Workplace technology that started as handy (but still optional) business tools in the 1980s evolved into a high-priority requirement in the 1990s," summarized Stanley Zarowin in Journal of Accountancy. "As we enter the new millennium, it has taken another quantum leap, going from a priority to a prerequisite for doing business."


4. Sumber: http://yangmantapajadeh.blogspot.com/2010/09/otomatisasi-kantor.html


OTOMATISASI KANTOR (OA)

OTOMATISASI KANTOR, mencakup semua sistem elektronik formal dan informal yang terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang didalam maupun diluar perusahaan.

SISTEM ELEKTRONIK FORMAL, didokumentasikan dengan suatu sistem prosedur tertulis. Diterapkan diseluruh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, mirip dengan SIM.

SISTEM ELEKTRONIK INFORMAL, tidak direncanakan atau diuraikan secara tertulis. Sistem-sistem OA ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri, mirip dengan DSS.

Para pengguna OA :
1. Manajer, orang-orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutama SDM.
2. Profesional, menyumbangkan keahlian khusus yang membedakan mereka dengan sekertaris dan pegawai administrasi.
3. Sekertaris, ditugaskan oleh professional untuk melaksanakan berbagai tugas seperti menangani korespondensi, menjawab telepon dan mengatur jadwal pertemuan.
4. Pegawai administrasi, melaksanakan tugas-tugas untuk sekertaris, seperti mengoperasikan mesin fotokopi, menyusun dokumen, menyimpan dokumen, dll.

5. Sumber:

Otomasi Kantor juga dapat dibatasi oleh tingkat program yang tersedia untuk pengguna. Atau, mungkin mereka membatasi otomatisasi ke tingkat program yang mereka kenal. Beberapa lebih suka Excel bukan karena keakraban Akses mereka dan karena mereka takut bahwa jika istirahat Akses database, mereka tidak akan dapat memperbaikinya sendiri. Hal ini dimengerti dan harus dihormati dari sudut pandang programmer.
Otomasi Kantor tidak selalu berarti pemrograman alat baru.  Kadang pemahaman yang lebih baik dari alat yang ada adalah semua yang diperlukan. Sebuah pilihan bijak dari alat-alat yang tersedia mungkin semua yang diperlukan.
Kantor konsultan berpengalaman Otomasi tersedia untuk membantu Anda menggunakan alat-alat yang sudah Anda miliki.

Tugas Biografi Pahlawan Nasional:
Letnan Jenderal TNI Anumerta R. Suprapto (lahir di Purwokerto, Jawa Tengah, 20 Juni 1920 – meninggal di Lubangbuaya, Jakarta, 1 Oktober 1965 pada umur 45 tahun) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia. Ia merupakan salah satu korban dalam G30SPKI dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.
Suprapto yang lahir di Purwokerto, 20 Juni 1920, ini boleh dibilang hampir seusia dengan Panglima Besar Sudirman. Usianya hanya terpaut empat tahun lebih muda dari sang Panglima Besar. Pendidikan formalnya setelah tamat MULO (setingkat SLTP) adalah AMS (setingkat SMU) Bagian B di Yogyakarta yang diselesaikannya pada tahun 1941.
Sekitar tahun itu pemerintah Hindia Belanda mengumumkan milisi sehubungan dengan pecahnya Perang Dunia Kedua. Ketika itulah ia memasuki pendidikan militer pada Koninklijke Militaire Akademie di Bandung. Pendidikan ini tidak bisa diselesaikannya sampai tamat karena pasukan Jepang sudah keburu mendarat di Indonesia. Oleh Jepang, ia ditawan dan dipenjarakan, tapi kemudian ia berhasil melarikan diri.

K.H. Abdul Halim (lahir di Majalengka, Jawa Barat, 26 Juni 1887 – meninggal 17 Mei 1962 pada umur 74 tahun) adalah pahlawan Indonesia yang berjuang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia hingga mempertahankan dari Agresi Militer Belanda. Dalam mempertahankan kemerdekaan Abdul Halim berbasis di Gunung Ceremai untuk menghadapi Agresi Militer Belanda II dengan berperang gerilya. Ia memimpin dalam penghadangan militer Belanda di wilayah Keresidenan Cirebon. Ia, ikut dalam BPUPKI dalam rangka persiapan kemerdekaan Indonesia sebagai anggota BPUPKI.

Gelar Pahlawan Nasional

Gelar pahlawan nasional diberikan kepada Abdul Halim bertepatan pada peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2008. Keputusan ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Bersatu, Muhammad Nuh pada tanggal 2 November 2008 di Jakarta berdasarkan SK Presiden no /TK/2008 (6 November 2008).



3. Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Abdul_Harris_Nasution
Jenderal Besar TNI Purn. Abdul Haris Nasution (lahir di Kotanopan, Sumatera Utara, 3 Desember 1918 – meninggal di Jakarta, 6 September 2000 pada umur 81 tahun) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia yang merupakan salah satu tokoh yang menjadi sasaran dalam peristiwa Gerakan 30 September, namun yang menjadi korban adalah putrinya Ade Irma Suryani Nasution.

4. Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Ahmad_Dahlan
Kyai Haji Ahmad Dahlan (lahir di Yogyakarta, 1 Agustus 1868 – meninggal di Yogyakarta, 23 Februari 1923 pada umur 54 tahun) adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Ia adalah putera keempat dari tujuh bersaudara dari keluarga K.H. Abu Bakar. KH Abu Bakar adalah seorang ulama dan khatib terkemuka di Masjid Besar Kasultanan Yogyakarta pada masa itu, dan ibu dari K.H. Ahmad Dahlan adalah puteri dari H. Ibrahim yang juga menjabat penghulu Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat pada masa itu.

Tugas Nilai-Nilai Pancasila:
Sumber: http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/05/tugas-matkul-kewarganegaraan-tentang.html


Nilai - Nilai Pancasila
Suatu dasar negara akan kuat, apabila dasar tersebut berasal dari berakar pada diri bangsa yang bersangkutan. Bangsa Indonesia mempunyai dasar negara yang bukan jiplakan dari luar, akan tetapi asli Indonesia. Dengan kata lain unsur-unsur Pancasila telah dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak dahulu. Unsur-unsur Pancasila terdapat didalam berbagai agama dan kepercayaan, bahasa, adat istiadat, dan kebudayaan. Oleh karena di dalam agama, kepercayaan, adat istiadat dan kebudayaan tersebut berkembang nilai-nilai antara lain nilai moral, maka Pancasila pun mengandung nilai moral dalam dirinya, nilai-nilai Pancasila diungkapkan dalam 2 (dua) nilai, yaitu antara lain :
1. Mempunyai kedudukan nilai, norma, dan moral dalam masyarakat
2. Nilai-nilai Pancasila dalam Sosio-Budaya Bangsa Indonesia


Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar sih boleh . malah bagus ... tapi yang sopan ya :)

 

Copyright Lely Rachmawati Soeharsono 2 0 1 3| Contact Me |Chat With Me (Y! Messanger)